Sebagian besar orang di jaman sekarang ini sudah mengenal dengan CCTV, yaitu kamera yang dipasang tersembunyi untuk meningkatkan sistem keamanan dalam gedung, jalan, serta tempat-tempat umum lainnya. CCTV sangatlah diperlukan mengingat maraknya kejahatan-kejahatan yang sering terjadi sekarang ini, sehingga banyak sekali orang-orang yang ingin memasang CCTV di kantor atau di tempat tinggal mereka. Untuk itu, sekarang akan saya berikan penjelasan mengenai cara-cara memasang CCTV di lingkungan sekitar anda.

Berikut adalah poin-poin penting yang perlu diperhatikan sebelum pemasangan CCTV:

    1. Tentukan lokasi peletakan CCTV
Pertama Anda harus menentukan merek CCTV yang akan Anda gunakan, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan CCTV Samsung. Penentuan lokasi CCTV sangatlah penting. Disini anda tidak hanya sekedar memasang saja, anda juga harus mempertimbangkan sudut pandang kamera serta keberadaan kamera tersembunyi atau tidak. Pastikanlah tidak ada blindspot atau sudut mati dari CCTV anda. Perlu diingat juga bahwa CCTV tidak selalu harus tersembunyi, terkadang meletakkan di tempat yang sangat jelas terlihat juga dapat membuat kriminal mengurungkan tindakannya karena takut terekam di CCTV. Tetapi jika anda ingin membuatnya terlihat, pastikan peletakannya tidak mudah dijangkau dengan tangan karena ada kemungkinan dirusak. Walaupun begitu, ada kalanya juga kita membutuhkan CCTV yang tidak mudah terlihat oleh orang lain.

    2.  Tentukan jalur kabel RG59
Jika anda menggunakan CCTV dengan kabel penghubung untuk kamera dan monitornya, tentukan jalur kabelnya. Pastikan jalur kabel tidak menghalangi dan terlihat bergelantungan. Jika bisa, buatlah sedemikian rupa agar jalur kabel tidak mudah dilihat serta tidak mudah dirusak. Pertimbangkan lokasi pemasangan jika sekiranya anda tidak dapat menentukan jalur kabel karena terlalu jauh atau medan yang tidak memungkinkan. Jika kabel terlalu panjang juga dapat mempengaruhi kecepatan transmit data sehingga perolehan gambar menjadi lambat.

    3. Tentukan lokasi monitor pengawas anda
Peletakan monitor pengawas sangatlah penting. Anda harus meletakkannya di tempat yang anda kira benar-benar aman dan sering anda lewati. Pastikan letaknya mudah untuk dilihat karena anda perlu untuk mengeceknya setiap waktu demi keamanan yang lebih terjamin. Anda dapat meletakkannya di kamar anda sendiri atau tempat lain yang sering anda singgahi. Perlu diingat bahwa CCTV hanya sekedar memberikan informasi berupa gambar, sehingga percuma saja jika tidak anda cek secara berkala. CCTV terkini juga menyediakan sistem alarm dengan motion detect sensor untuk mempermudah dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar anda.

    4. Tentukan CCTV yang sesuai dengan lingkungan
Kamera CCTV memiliki banyak jenis variasi kamera yang bergantung dengan lingkungannya. Anda harus menentukan kamera yang tepat untuk hasil rekaman yang bagus dan kualitas tinggi. Jenis-jenis CCTV sangatlah beragam seperti Bullet Camera, Dome Camera, PTZ Camera, Box Camera, Day-Night Camera dan lain-lainnya. Setiap jenis memiliki kelebihannya masing-masing sehingga perlu pertimbangan khusus sebelum membeli dan memasangnya di lingkungan rumah anda.

    5. Biaya CCTV
Harga CCTV tidaklah murah. Hal ini berhubungan dengan poin 4 yaitu jenis CCTV yang anda butuhkan. Anda perlu mempertimbangkan sebelum membeli karena setiap jenisnya memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Tentunya anda tidak ingin menyesal jika salah membeli jenis CCTV dan mendapatkan kualitas rekaman yang tidak begitu bagus atau tidak sesuai dengan lingkungan anda.

Berikut ini adalah cara-cara pemasangan CCTV:
  1. Carilah lokasi dimana anda ingin meletakkan CCTV IP Samsung. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda harus menemukan letak yang sekiranya sudut pandang kamera dapat mencakup luas lingkungan yang ingin anda awasi.

  2. Carilah jalur kabel RG59 agar dapat masuk ke dalam rumah jika anda meletakkan CCTV di luar rumah

  3. Tentukan lokasi untuk monitor anda yang terhubung dengan CCTV tersebut. Pastikan berada di tempat yang aman dan sering anda lalui atau singgahi.

  4. Bawalah garis RG59 dari ruangan anda melalui loteng rumah anda. Jika sebagian besar kabel dari roll yang anda beli tidak memiliki sambungan, gunakan koneksi BNC kemudian hubungkan pada DVR.

  5. Pastikan bahwa kamera memiliki satu daya dengan tegangan DC.

  6. Selanjutnya, hubungkanlah DVR dari CCTV anda ke monitor.

  7. Nyalakan monitor yang anda gunakan, periksalah apakah CCTV tersebut menyala dan lihatlah hasil gambar pada monitor.





 
Info Camera CCTV Terbaru © 2015. All Rights Reserved.
Top